Back … !!!

Yess….aku kembali….(menemukan blog ini). 😀

Karena saya bukan blogger (sungguhan) yang rajin update tulisan , juga sering lupa punya blog. Kalo gak salah, ini adalah blog saya yang kesekian kalinya saya buat dan tiba-tiba….surpriseee….ternyatahhh saya punya blog di WP. Amazing….-:

Okeh….kali ini saya lagi mood buat nulis karena ingin cerita tentang gadis (kecil)!

Tentang gadis kecil saya yang baru saja memiliki umur 2 digit. Ya baru beberapa hari lalu di bulan ini, Ghaly akhirnya memiliki umur 2 digit. Now you are the GIRL, my little princess…..:*

Secara fisik, dia terlihat “lebih” dari umurnya. Dari postur tubuhnya yang tinggi menjulang terutama. Tapiii di sisi lain …. in behaviour, she’s really like a little girl.  Terkadang saya masih bingung menghadapi dia untuk bertindak sesuai umurnya. Memang sifat pembawaan Ghaly adalah tipikal defensif sejak kecil dan cenderung takut untuk masuk ke sesuatu yang baru.

Seperti diskusi saya dan Ghaly tadi malam. Dia takut memberikan hasil UKK (Ulangan Kenaikan Kelas) yang ternyata ada nilai di bawah 85. Pada awal UKK memang saya menjanjikan untuk memberikan hadiah yang dia inginkan di ultah-nya tahun ini, Camera Instant Polaroid. Karena barang itu cukup mahal (bingits) harganya untuk dijadikan kado seumuran Ghaly, tentunya saya memberikan persyaratan untuk mendapatkan barang itu dong….

Hmmm oke, saya hanya buat persyaratan nilai UKK semua pelajarannya harus diatas 85. Sebenarnya persyaratan yang saya berikan untuk memotivasi Ghaly juga agar lebih rajin belajar (biasa deh emak-emak, cara instan biar anaknya mau rajin belajar).

Ternyata ada 2 mapel yang gak lolos dari persyaratan yang saya berikan (dan saya-pun lolos untuk membelikan hadiah untuknya….*dasar emak gak mau rugi* hihihihi). Yaaaa Ghaly juga terlihat kecewa ada nilainya yang tidak bagus. Dan (selalu) ini menjadi kesempatan emak-emak untuk menggunakan momentum berharga untuk menasehati anaknya agar rajin belajar. (Yesss..!!!) Di sisi lain, saya juga ingin Ghaly mempersiapkan diri untuk kelas 6 nanti….(tinggal 2 tahun lagi gadisku akan lulus SD…sungguh gak kebayang…). Saya tidak pernah ragu atas kemampuan Ghaly. Hanya saja Ghaly  agak lambat dalam mengerjakan sesuatu. Jadi biasanya saat mengerjakan soal she’s run out of time, bukan karena tidak bisa mengerjakan soalnya. Dan saya masih menimbang apakah Ghaly perlu diberikan les di kelas 5 nanti?

Belum apa-apa, Ghaly sudah ketakutan untuk ikut les, pelajaran yang susah di kelas 5 nanti dan ketakutannya tidak bisa naik kelas dan lulus SD. Duhhh….segitu takutnya dia sampai nangis sesugrukan ngebayangin susahnya. Di situasi ini hal pertama yang selalu saya lakukan pasti memintanya untuk berhenti menangis. Karena semakin kesini, nangis adalah senjata dia sebagai ajang mencari perhatian. Dan yang kedua, saya meminta dia untuk menjelaskan ketakutannya. Selanjutnya saya arahkan dia untuk menuliskan tentang perasaan dia, ketakutan dia juga apa yang ingin dia lakukan di kelas 5 (6, SMP, SMA…dan sampai dia siap mengungkapkan apa isi ketakutan dia selama ini).

Pembelajaran yang saya hadapi hari ini, memang masih tidak mudah menghilangkan rasa keraguan Ghaly atas percaya dirinya sendiri. Bahkan ketika dia mampu pun, dia masih tidak yakin akankah dia bisa melakukannya di waktu yang akan datang. Hingga hari ini, saya akan terus memberikan semangat ke Ghaly untuk selalu menumbuhkan percaya dirinya dan kemampuannya. Dan pasti satu saat nanti, gadis (kecil) ku akan siap menghadapi semua dengan apa yang dimiliki dirinya. Good luck, dear……

 

Pos ini dipublikasikan di Kiddo dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

