Simple Thing Can Make Them Proud

Jumat lalu saat pembagian hasil belajar Ghaly di semester 2 kelas 4,  seperti biasa Ghaly tidak mau ikut ke sekolah menemani saya. Selain itu di rumah juga sedang ada adik dari Bandung dengan anaknya yang saya juluki Azka si Masha (karena memang dia suka film Masha & The Bear dan penampilan mereka yang agak mirip). Saya mengajak suami agar berangkat lebih pagi. Pengalaman beberapa tahun kalau sudah siangan dikit, antrian semakin panjang dan luamaaaanya menunggu orang tua yang berkonsultasi dengan wali kelas.

Setibanya di sekolah, saya langsung ke kelas Ghaly dan melihat antrian tidak terlalu banyak seperti biasanya. Saya dapat antrian 20 dan nomor yang dipanggil terakhir sudah 17. Ahhh….sedikit lega karena tidak harus menunggu lama. Eh, tapi jangan senang dulu. Ternyata ada beberapa orang tua yang sudah ambil nomor, lalu menghilang dengan alasan ke kelas adik/kakaknya atau entahlah urusan lainnya. Jadi kadang masih diselak dengan nomor antrian sebelumnya. Yaaa sudah lah, kalo sudah begini sabar aja sambil baca-baca timeline atau berita di gadget hehehe. .

Setelah menunggu sekitar setengah jam (kira-kira), nomor antrian saya pun dipanggil. Setelah beramah tamah dengan wali kelas Ghaly, Ibu Cici yang sangat ramah, lembut dan baik, mulailah ditunjukkan hasil belajar Ghaly semester 2 ini. Nah sebelum mulai dijelaskan, Bu Cici menanyakan anak saya apakah ikut ke sekolah atau tidak. Saya jelaskan bahwa Ghaly tidak ikut karena sedang bla bla bla. Dia pun mengatakan, “Wah sayang sekali…karena tadi pagi diumumkan pembagian award untuk anak-anak.” Saya pun agak surprise juga mendengarnya, “Ghaly dapat award apa, Bu?” tanya saya sudah gak sabar. “Award Good Behaviour, Mama Ghaly. Jadi Ghaly selama ini kan behaviour-nya sangat baik. Tidak ada konflik dengan teman-teman. Bicaranya juga lembut, guru-guru juga senang dengan sikap Ghaly, jadi Ghaly bisa dapat award itu…”

Gambar

Wahhhh bangganya saya mendengar penjelasan dari wali kelas Ghaly. Memang salah satu yang saya suka dari sekolah Ghaly, selalu memberikan penghargaan kepada siswa-siswinya bukan hanya berprestasi dari bidang akademik. Tapi siswa-siswi juga dihargai dalam segi kedisiplinan, sikap, ataupun kegiatan positif yang sesuai dengan anak-anak. Yaaaa award-nya sih bukan berupa barang yang berharga. Namun dengan mendapatkan salah satu award, si anak akan senang karena yang dilakukan selama ini dihargai oleh sekolah. Seperti tahun lalu, Ghaly mendapatkan “Book Lover Award”. Ternyata award ini diberikan karena Ghaly salah satu anggota perpustakaan yang aktif meminjam buku. Hehehe lucu ya. Simple thing can make them proud. Sejak itu, Ghaly semakin senang membaca. Dia sangat menggemari buku terutama buku KKPK (Kecil-Kecil Punya Karya) yang banyak dipinjamnya dari perpustakaan. Hanya belakangan ini, Ghaly mulai berkurang mengunjungi perpustakaan bukan karena tidak suka buku lagi, tapi kebetulan ada teman yang berbaik hati melimpahkan buku KKPK bekas anaknya yang juga sudah “dilahap habis”. Mungkin ada sekitar 50-an buku yang diberikan. Wuidihhh senangnya bukan main dong anakku….(Makasih ya mbak Ika dan Kakak Aida buat buku-bukunya :*)

Saya bersyukur melihat prestasi Ghaly. Mungkin Ghaly bukan termasuk “bintang kelas” yang nilainya Top 5, namun rata-ratanya masih diatas rata-rata kelas kok. Masih banyak yang dapat dibanggakan dari anak. Tidak melulu hanya berupa nilai, peringkat, rangking, juara, atau apapunlah namanya. Semakin kita menghargai apa saja kemampuan yang dimiliki anak kita, sekecil apapun, tentunya dia akan bangga. Dan pastinya kitapun juga akan bangga dengan mereka.

Pos ini dipublikasikan di Kiddo, Parenting dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

