Enaknya Ngapain Ya Di Bulan Puasa ?

Masih tentang puasa….

Terkadang buat anak-anak, waktu puasa terasa sangatttt panjanggg…..dan bedug maghrib pun terasa lama. Ya gak usah anak-anak, kita pun orang dewasa akan boring bila tidak ada kegiatan yang dapat menyita waktu. Biasanya bulan puasa, sekolah memberikan libur di awal dan akhir puasa. Sekitar 2 mingguan lah. 3 minggu dengan libur lebaran. Tapi karena tahun ini puasa bertepatan dengan libur kenaikan kelas, jadi jatah libur anak sekolah lebih lama dari sebelumnya.

Buat anak-anak, libur sekolah adalah waktunya bermain sampai puas. Puasa atau tidak, mengisi waktu dengan bermain adalah kudu wajib hukumnya buat mereka. Kapan lagi mereka tidak memikirkan PR, UH, hapalan atau apalah yang biasanya membebani mereka. Sekolah sekarang kan sudah beda dengan jaman kita dulu…..(berasa tua kalo gini hehehe)

Balik ke topik awal, banyak hal sebenarnya yang bisa anak-anak lakukan. Bermain adalah keyword-nya. Orangtua tinggal ngembangin deh sub keyword dari “bermain” itu. Misalnya bermain sambil bikin kue, bermain sambil memasak, bermain sambil membaca buku cerita, banyaklah pokoknya yang bisa bikin anak-anak senang. Ghaly dan Nikha di bulan puasa ini mendapatkan pengalaman sendiri yang jarang-jarang mereka lakukan. Selain membaca buku, main games di PC atau tablet, nonton TV di saluran anak-anak, masih banyak hal loh yang bisa dilakukan mereka dalam mengisi waktu luang. Nih..saya ada beberapa contoh bermain (cara lain) yang juga bisa memberikan kegembiraan buat anak-anak.

making cookie

Buat Choco Ball Cookie buat Buka Puasa

Buat Choco Ball untuk buka puasa.

Membuat kue simple (menurut saya), Choco Ball. Bahan-bahan tidak perlu ada yang dimasak, tinggal plung…plung…plung masukkan semua bahan ke wadah, dihancurkan dengan tangan lalu dibentuk bulat-bulat. Kasih hiasan luarnya agar menarik. Prosesnya ini yang membuat anak-anak senang mengerjakannya. Mereka memiliki ke-asyik-an tersendiri dan tentunya mereka puas bisa makan kue buatan mereka sendiri. Setelah kue jadi, masukkan ke dalan lemari pendingin.. tunggu hingga maghrib, kue sudah siap disantap 😉

Narsis Nyiapin Takjil

Bantu Oma Menyiapkan Takjil

Bantu Oma menyiapkan Ta’jil.

Setiap bulan puasa, ibu saya mendapatkan jatah menyiapkan takjil untuk mesjid dekat rumah. Tidak terlalu banyak karena biasanya dibagi dengan anggota mesjid lain. Saat menyiapkan takjil, terutama ketika mulai menyiapkan di dalam boks makanan, ternyata menjadi rebutan anak-anak. Aku mau yang masukkin ininya….aku yang bagian tutup boksnya…. aku yang masukin kerupuknya ya…. Hahaha heboh juga mereka. But they really like it. Malah kalo bisa, mereka mau langsung membagikannya di mesjid 🙂

Namanya juga anak-anak, apapun bisa dijadikan mainan buat mereka. Tinggal kita para orang tua mengarahkan mana yang bisa buat bermain, kapan waktunya bermain, dan usahakan permainan mereka sifatnya positif buat anak-anak. Ya kan, Moms?

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Kiddo, Parenting. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s