Akhir Pekan di Kampung Joglo

Rencana untuk merayakan ulang tahun ayah saya yang tadinya ingin diadakan di fancy restoran jadi berubah total setelah menimbang dan mengingat bahwa minggu lalu adalah tanggal-tanggal kritis. Hehehehe. Awalnya memang tidak ada rencana untuk merayakan ulang tahun si opah. Tapi hasil obrolan dengan adek saya via bbm akhirnya memutuskan, baiklah.. kita ajak si opah makan-makan dengan anak dan cucunya. Setelah menimbang sana sini, mencari tempat sana sini, akhirnya diputuskanlah Kampung Joglo. Tempat yang gak terlalu mahal tapi menyenangkan buat anak-anak. Memang dalam memilih tempat makan, kami lebih memilih nyaman buat anak-anak selain menu yang mudah dicerna mereka tentunya.

Kampung Joglo…..Kami sudah beberapa kali kesana. Konsepnya adalah Pusat Jajan dengan menu makanan lokal yang beraneka ragam. Tempatnya cukup asri dan menyenangkan buat anak-anak walau untuk makanannya kami anggap so-so lah. Tapi yang membuat anak-anak suka disana adalah wahana permainan seperti outbound kecil-kecilan namun sangat membuat mereka betah dan tempat kreativitas yang menyediakan beberapa pilihan. Juga dengan adanya parit kecil yang berisi ikan-ikan koi yang sangat menggugah tiap anak untuk memberikan makan hewan tersebut.

Secara tempat, Kampung Joglo memang terlihat asri, nyaman dan jarang ada tempat makan sekaligus menyediakan outbound untuk anak-anak. Saya coba mengambil foto dengan angle terbaik dari blog forum.jalan2.com yang diposkan oleh Pepi.The Explorer

Yang pasti disini anak-anak termanjakan dengan arena permainan yang banyak. Serunya permainan dan nyamannya tempat, membuat mereka leluasa untuk bermain dan berlari sesuka hati mereka. Beberapa permainan yang jadi rebutan mereka antara lain :

Flying Fox Mini

Wahana ini yang biasanya pertama menjadi rebutan anak-anak setibanya di Kampung Joglo. Tempatnya di tengah-tengah arena makan dan permainan membuat tiap anak ingin “mencicipi” paling awal serunya terbang seru walaupun jaraknya hanya sekitar 2 meter saja. Saat mluncur pun, si adek berteriak “Aku terbaaannngggg…….”

Bermain Rakit di Parit Kecil

Ini juga gak kalah serunya dari Flying Fox. Sambil bermain rakit di parit kecil, ada puluhan ikan-ikan koi besar dibawah rakit. Anak-anak bisa sekalian memberi makan ikan sambil menggerakan rakit dengan menarik tali di salah satu sisi parit.

Perosotan 

Perosotan ini juga menarik. Untuk menaikinya, disediakan panjatan kayu seperti permainan outbound. Jadi bukan dengan tangga biasa. Setelah sampai di tingkat atas, anak-anak seperti berada di ruanganan layaknya tulang rusuk ikan paus. Peluncurannya juga dibuat perosotan layaknya di lorong tulang rusuk ikan paus. Seru yaaa ….

Permainan Seru di Kampung Joglo

Permainan Seru di Kampung Joglo

 Berkreasi dengan Mewarnai Hasil Pahatan Kayu

Dasarnya anakku senang sekali dengan gambar dan mewarnai, jadi kegiatan kaya gini pasti gak mau ketinggalan deh. Begitu melihat ada pendopo ini, wahhh langsung ya si kakak minta diperbolehkan (dengan paksa tentunya) ikutan kegiatan ini. Hanya membayar 10 ribu rupiah, anak-anak diberikan pilihan hasil pahatan kayu yang sudah ada untuk selanjutnya diberikan cat warna yang aman bagi anak-anak. Hasil pahatan ini lebih banyak berupa buah-buahan. Ada juga yang bentuk binatang tapi harganya lebih mahal, sekitar 25 ribu rupiah.

Ingin Mewarnai? Ada juga kok di Kampung Joglo

Ingin Mewarnai? Ada juga kok di Kampung Joglo

Bila ingin datang kesini, ada tips-tips yang bisa saya share dari beberapa kali pengalaman ke Kampung Joglo :

  1. Bila ingin datang rombongan, misalnya acara arisan, kumpul keluarga besar, reuni, dll baiknya datang lebih dulu agar bisa mendapat tempat parkir dan tempat makan (spot) yang enak. Tersedia meja dan kursi ala restoran, juga tersedia lesehan dengan meja-meja besar yang bisa menampung 10-15 orang di satu meja.
  2. Bila datang dan niat utamanya makan, datanglah diatas jam 12 siang. Karena sebelum jam tersebut, banyak kedai-kedai yang belum buka atau belum siap untuk menerima order makanan
  3. Bawalah pakaian ganti bila membawa anak-anak. Selain hawanya cukup panas di siang hari, terkadang yang namanya anak-anak tidak bisa diam. Pernah satu kali anak saya dan keponakan terpeleset dan nyemplung ke kolam ikan. Entah bagaimana kejadiannnya, mereka tidak kapok dan langsung maen lagi.
  4. Tempat ini biasanya memang ramai di akhir pekan. Saya sih belum pernah datang di hari kerja, tapi rasanya lebih sepi dari weekend. Jadi bersabarlah dalam menunggu orderanmu tiba.

Alamatnya bisa dilihat dibawah ini :

Kampung Joglo 21
Jalan Raya Joglo
Jakarta Barat
Buka: 11.00-23.00, akhir pekan 11.00-24.00

Buat yang masih bingung letaknya, bisa dicek via google map disini 

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Keluarga, Kiddo, Liburan. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Akhir Pekan di Kampung Joglo

  1. titiw berkata:

    Wiiih kayaknya seruuu tapi jauhhh dari rumahku kakak. Tapi kalo aku mau ditraktir bisa banget kook main2 sampe ke sana.. x)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s