Booster Agar Anak-anak Semangat Belajar ;)


Jadi seorang ibu itu harus kreatif dan banyak akal dalam menghadapi tingkah laku anak-anaknya. Hal ini seringkali membuat saya harus putar otak untuk menyamakan maksud dan tujuan orang tua (saya terutama) dan anak-anak. Terutama dalam soal belajar. Mungkin saya termasuk cukup keras dalam meminta anak-anak belajar. Saya dan suami bukan tipe orang tua yang gampang memasukkan anak-anak kami ikut les sana-sini. Selain memang biaya yang cukup mahal buat kami, juga pertimbangan waktu mereka yang akan tersita bila harus menambah mengikuti pelajaran diluar jam sekolah. Mungkin kami lebih memilih untuk memanggil guru/tutor ke rumah agar anak-anak juga bisa mendapat privasi.

Nah balik nih ke bagaimana cara menghadapi anak-anak terutama dalam hal belajar. Dengan tidak mengikuti les sana sini yang bertujuan kuatitas, lebih baik saya memperbesar quality time belajar agar mereka bisa tetap bisa mengikuti pelajaran di sekolah. Namanya anak-anak ya….. paaaalinggg malesss kalo sudah disuruh belajar, beda kasusnya kalo sudah mantengin televisi, maen games di tablet, becanda yang bisa memporakporanda kamar. Wuiidiihhh kalo sudah hal-hal seperti kaya gitu, pasti bisa menghabiskan mereka waktu sampai-sampai gak sadar sudah waktunya makan, mandi, tidur, istirahat…..hmmppfffh.

papanreward

Papan Reward Sederhana Yang Bisa Jadi Booster Belajar Anak-anak 🙂

Setelah beberapa kali putar otak, akhirnya menemukan cara jitu *tinggg*.  Jadi begini……saya membuat semacam “Papan Reward”. Papan ini bukan asli papan beneran. Ini hanya sebutan saya saja. Cukup dengan kertas buffalo dengan stempel/cap gambar anak-anak. Masing-masing anak akan mendapat “papan reward” yang nanti isinya adalah “bintang” berupa stempel/cap yang dikumpulkan hingga memenuhi syarat tertentu. Caranya untuk mendapat “bintang” tersebut dengan melakukan hal-hal baik yang tidak biasa dilakukan atau bisa juga berupa nilai Ulangan Harian (UH) diatas 85. Setelah *bintang* telah mencapai jumlah 20, mereka berhak mendapat reward berupa cash atau barang seharga dengan uang cash tersebut. Nilainya bukan angka yang fantastis lah, tapi cukup buat mereka foya-foya jajan di sekolah hehehe.

Ternyata trik sederhana ini cukup jitu buat mereka bertanggung jawab dengan urusan sekolahnya terutama dengan nilai-nilainya. Anak-anak pasti gak mau dikalahkan kan…. nah jadi bila salah satu dari mereka ada yang mendapat nilai bagus, pasti yang lainnya juga ingin agar jejeran stempel-stempel itu bisa memenuhi kuota untuk mendapatkan reward. Ternyata cara ini cukup jitu ketika mereka akan menghadapi UH. Setelah hasil UH dibagikan, wahhhh mereka akan antusias menyampaikan kepada saya nilai-nilai mereka yang alhamdulillah memuaskan mamanya hehehehe. Dan pastinya menambah “bintang-bintang” mereka.

Berlomba Mendapat Nilai Bagus Biar Bisa Dapat Bintang

Berlomba Mendapat Nilai Bagus Biar Bisa Dapat Bintang

Oya ada satu hal lagi. Cerita diatas kan mengenai reward yang saya berikan ke anak-anak. Nahh dari “papan reward” itu kadang bisa juga saya jadikan “punishment”. Berlakunya adalah saat mereka melakukan hal-hal yang tidak baik atau melanggar aturan rumah atau malas belajar. Saya memberikan “ancaman” akan mengurangi bintang dari “papan reward” mereka bila mereka melakukan hal-hal yang tidak baik. Hahahhaha jahat ya pake ancaman. Tapi itu hampir tidak pernah terjadi….mengurangi bintang mereka. Biasanya dengan sedikit ancaman saja mereka mau mengikuti nasehat saya atau papanya hehehe.

Ini hanyalah cara kecil saya untuk “mendidik” anak-anak. Mungkin ada sebagian orang tua yang tidak berkenan dengan cara saya yang lakukan ini. Wajar saja kok. Namanya orang tua, seperti saya ungkap diatas …..seorang ibu harus kreatif dan banyak akal 🙂

Pos ini dipublikasikan di Keluarga, Kiddo, Parenting, Uncategorized dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

